Jumat, 01 Juni 2012

rpp kelas X mata pelajaran bahasa indonesia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH             : SMA Kartika Kendari
MATA PELAJARAN    : Bahasa Indonesia
KELAS             : X
SEMESTER             : 1
ALOKASI WAKTU        : 2 x 45 Menit

STANDAR KOMPETENSI
Mendengarkan: 1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan  secara langsung/tidak langsung.

KOMPETENSI DASAR
Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan non berita).

INDIKATOR
    Kognitif
    Proses
    Mendengarkan berita yang dibacakan
    Mengidentifikasi pokok-pokok berita

    Produk
    Menentukan pokok-pokok berita
    Menulis isi berita yang didengar dengan kata-kata sendiri


    Psikomotor
    Menyampaikan berita yang telah ditulis
    Memberikan tanggapan terhadap berita yang disampaikan teman

    Afektif
    Karakter
    Teliti
    Tanggap
    Kritis
    Perhatian

    Keterampilan sosial
    Menyampaikan berita yang telah ditulis dengan baik dan benar
    Memberikan tanggapan terhadap berita yang disampaikan oleh teman.

TUJUAN PEMBELAJARAN
    Kognitif
    Proses
    Mendengarkan berita yang dibacakan
    Mengidentifikasi pokok-pokok berita

    Produk
    Setelah mendengarkan berita yang disampaikan secara langsung, siswa diharapkan mampu:
    Menentukan pokok-pokok berita
    Menulis isi berita yang didengar dengan kata-kata sendiri

    Psikomotor
Setelah mempelajari dan berlatih menguasai hasil pencapaian tujuan produk di atas, siswa secara mandiri diharapkan:
    Mampu menyampaikan berita yang telah ditulis
    Mampu memberikan tanggapan terhadap berita yang disampaikan teman


    Afektif
    Karakter
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperhatikan kemajuan dalam perilaku seperti kerja sama, teliti dan tanggap serta mempunyai perhatian terhadap berita yang disampaikan secara langsung.


    Keterampilan sosial
Siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dengan memperlihatkan kemajuan dalam kerampilan menyampaikan hasil penulisan berita dengan bahasa yang baik dan benar.


MATERI PEMBELAJARAN
    Teks berita

MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
    Model pembelajaran : pembelajaran langsung (eksplisit)
    Metode pembelajaran
    Unjuk kerja
    Penugasan
    Tanya jawab

BAHAN
    Lembar kerja
    Spidol

ALAT
    Teks Berita











SKENARIO PEMBELAJARAN
No    Kegiatan    Penilaian Pengamat
        1    2    3    4
PERTEMUAN I
A1    Kegiatan awal (10 menit)
    Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan menanyakan keadaan siswa yang tidak hadir.
    Guru memberi motivasi kepada siswa.
    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
    Guru melakukan apersepsi dengan bertanya mengenai pengetahuan siswa tentang mencatat pokok-pokok berita.               
B1    Kegiatan inti (25 menit)
    Siswa secara individu membaca teori tentang menanggapi isi berita
    Guru membaca teks berita di depan kelas, lalu sisw mendengarkan berita yang dibacakan oleh guru tersebut.
    Sambil mendengar berita, siswa mencatat pokok-pokok berita yang dibacakan tersebut.
    Secara individu, siswa lalu menuliskan kembali isi berita yang telah didengarkannya.
    Setelah itu masing-masing siswa menyampaikan hasil berita yang ditulis di depan kelas
    Setelah siswa membacakan beritanya, siswa lain member tanggapan atau komentar terhadap berita yang dibacakan tersebut.
               
C1    Kegiatan akhir (10 menit)
    Guru dan siswa melakukan refleksi tentang pembelajaran hari ini.
    Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.
    Guru memberi tugas kepada siswa kemudian pembelajaran ditutup dengan salam.
               

SUMBER PEMBELAJARAN
    Buku: Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X
    Materi esensial Bahasa Indonesia
    Silabus

EVALUASI DAN PENILAIAN
    Tugas Individu: Menggunakan LKS
    Jenis Tagihan Penilaian: LKS 1 dan LP 1
    Bentuk Instrumen Penilaian:
    Uraian Bebas
    Jawaban Singkat


LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)


BAHASA INDONESIA
SMA KELAS X SEMESTER 1



Standar Kompetensi
Memahami siaran atau cerita yang disampaikan  secara langsung/tidak langsung.




Oleh:

LKS 1:                              LEMBAR KERJA SISWA       Bahasa Indonesia
Nama…………………….       Kelompok………………     Tanggal……………….
Kegiatan 1
Dengarkanlah berita yang akan dibacakan!

Setelah mendengarkan berita, kerjakan langkah-langkah berikut:

    Tentukanlah pokok-pokok berita yang dibacakan!
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
    Tuliskan kembali berita yang kalian dengar menggunakan kata-kata sendiri!
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
LKS 2:                              LEMBAR KERJA SISWA       Bahasa Indonesia
Nama…………………….       Kelompok………………     Tanggal……………….
Kegiatan 2

    Dengarkan berita yang dibacakan, kemudian catatlah pokok-pokok berita yang terdapat di dalamnya!
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
    Setelah mencatat hal-hal pokoknya, kembangkan hal pokok tersebut menjadi berita yang baik.dengan kata-kata sendiri!
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………….

LEMBAR PEGANGAN GURU
(LPG)


BAHASA INDONESIA
SMA KELAS X SEMESTER 1



Standar Kompetensi
Memahami siaran atau cerita yang disampaikan  secara langsung/tidak langsung




Oleh:






    Menanggapi isi berita
    Kita dapat memperoleh berbagai macam informasi dan pengetahuan dari membaca berita.informasi tersebut dapat menambah wawasan. Oleh karena itu, kita pelu memahami prinsip-prinsip berita. Pokok-pokok isi suatu berita menyangkut hal berikut:
    Tema atau nama peristiwa yang terdapat di dalam berita tersebut.
    Orang atau pelaku yang mengalami atau berperan dalam berita tersebut.
    Waktu yang berkaitan dengan saat terjadinya peristiwa dalam berita tersebut.
    Tempat terjadinya peristiwa dalam berita tersebut.
    Penyebab terjadinya peristiwa dalam berita tersebut
    Urutan terjadinya peristiwa dalam berita tersebut.

Setelah menentukan pokok-pokok isi berita, Anda dapat menanggapi isi berita yang Anda dengarkan. Tanggapan adalah sambutan terhadap hal, peristiwa, masalah, ucapan, pendapat, atau gagasan yang berupa kritik, komentar atau yang lain. Tanggapan dapat berupa pernyataan setuju, tidak setuju, suka, tidak suka, atau menambahkan pendapat.

Tanggapan yang dikeluarkan harus bersifat objektif dan disertai dengan alasan yang logis. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengemukakan tanggapan. Cara mengemukakan tanggapan adalah sebagai berikut:
    Tanggapan berhubungan dengan masalah yang sedang dibicarakan
    Tanggapan dapat mempercepat pemahaman masalah
    Tanggapan tidak mengulangi pendapat yang pernah disampaikan peserta lain
    Tanggapan disampaikan dengan kata atau kalimat yang tepat
    Tanggapan disampaikan dengan sikap terbuka dan sopan

    Pokok-pokok isi berita (5W + 1H)
Berita yang baik harus dapat menjelaskan beberapa hal berikut ini:
    Dapat menjelaskan peristiwa atau kejadian apa yang terjadi
    Dapat  menjelaskan penyebab atau alasan peristiwa atau kejadian tersebut terjadi
    Dapat menjelaskan pihak-pihak yang terlibat dalam peristiwa tersebut
    Dapat menjelaskan tempat terjadinya peristiwa atau kejadian tersebut
    Dapat menjelaskan waktu atau saat terjadinya peristiwa atau kejadian tersebut
    Dapat menjelaskan bagaimana peristiwa atau kejadian tersebut terjadi
    Jenis kalimat (berita, tanya, perintah)
Berdasarkan isinya, kalimat dapat dibagi ke dalam beberapa jenis, antara lain:
Kalimat berita adalah kalimat yang menginformasikan suatu hal. Kalimat berita diakhiri tkamu titik.
Fia memberikan hadiah kepada Hafshah.
Kalimat tanya adalah kalimat yang menanyakan suatu hal. Kalimat tanya diakhiri tkamu tanya.
Siapa yang memberikan hadiah?
Kalimat perintah adalah kalimat yang memerintahkan, menginstruksikan, meminta suatu hal. Kalimat tanya diakhiri tkamu seru.
Fia, tolong berikan hadiah ini kepada Hafshah!
Menanggapi isi berita
Tanggapan adalah ulasan atau tanggapan atas berita, pidato, dsb untuk menerangkan atau menjelaskan (KBBI, 1999: 515). Tanggapan juga dimaknai sebagai Written or spoken statement wich gives an opinion on or explains something/ somebody. (Oxford, 2005: 119) à bentuk pernyataan lisan atau tulisan untuk memberikan pendapat atau penjelasan tentang sesuatu/ seseorang. Jadi, dari pengertian di atas kita dapat mengetahui bahwa fungsi tanggapan adalah untuk menerangkan atau menjelaskan.
    Ciri-ciri Tanggapan (secara umum)
    Merupakan pernyataan
    Berbentuk lisan atau tulisan
    Bertujuan untuk menanggapi atau menjelaskan atas suatu hal yang sebelumnya disampaikan/ dilakukan pihak lain.
    Indikator Tanggapan yang baik
    Tanggapan disampaikan dengan bahasa dan sikap (jika tanggapannya berbentuk lisan) yang santun
    Tanggapan yang disampaikan dengan menyertakan alasan yang relevan dan seperlunya
    Tanggapan yang disampaikan tidak berlebihan
    Tanggapan yang disampaikan tidak bertujuan merendahkan atau memojokkan pihak lain



LEMBAR PENILAIAN
(LP)


BAHASA INDONESIA
SMA KELAS X SEMESTER 1



Standar Kompetensi
Memahami siaran atau cerita yang disampaikan  secara langsung/tidak langsung




Oleh:



LP 1 : KOGNITIF PROSES

Pedoman Penskoran LKS 1
No    Komponen    Deskriptor    Skor
            1    2    3
1    Mendengarkan berita yang dibacakan
   
Siswa mampu mendengarkan berita yang dibacakan

           
    Mengidentifikasi pokok-pokok berita
    Siswa mampu mengidentifikasi pokok-pokok berita
           

Keterangan:
    (3) sangat tepat
    (2) tepat
    (1) tidak tepat


    Cara Pemberian Nilai

Rumus:                        Nilai=(Skor Perolehan Siswa)/(Skor Maksimun)   x  100

LP 2 : KOGNITIF PRODUK

Pedoman Penskoran LKS 2
No    Komponen    Deskriptor    Skor
            1    2    3
1    Menentukan pokok-pokok berita
    Siswa mampu menentukan pokok-pokok berita
           
2    Menulis isi berita yang didengar dengan kata-kata sendiri
    Siswa mampu menulis isi berita yang didengar dengan kata-kata sendiri
           

Keterangan:
    (3) sangat tepat
    (2) tepat
    (1) tidak tepat


    Cara Pemberian Nilai

Rumus:                        (Skor Perolehan Siswa)/(Skor Maksimun)   x  100

LP 3 : PSIKOMOTOR

Pedoman Penskoran LKS 2
No    Komponen    Deskriptor    Skor    Catatan
1   
Menyampaikan berita yang telah ditulis, dengan kriteria:

    Suara




    Lafal




    Intonasi   




    Sangat jelas
    Kurang jelas
    Tidak jelas  


    Sangat jelas
    Kurang jelas
    Tidak jelas  


    Sangat jelas
    Kurang jelas
    Tidak jelas       





3
2
1


3
2
1


3
2
1   
2   
Memberikan tanggapan terhadap berita yang disampaikan teman
   
Siswa mampu memberikan tanggapan terhadap berita yang disampaikan teman
   
1

2

3
   
Keterangan:
    (3) sangat tepat
    (2) tepat
    (1) tidak tepat

    Cara Pemberian Nilai

Rumus:                        (Skor Perolehan Siswa)/(Skor Maksimun)   x  100
LP 4 : AFEKTIF (KARAKTER)
No    Karakter    Skor Total
    Tanggung Jawab    Disiplin    Ketekunan    Kreatif    Kritis   
1    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
2    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
3    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
5    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
6    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
7    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
8    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
9    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
10    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
11    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
12    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
13    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
14    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
15    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
16    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
17    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
18    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
19    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
20    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
21    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
22    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
23    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
24    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
25    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
26    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
27    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
28    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
29    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
30    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
31    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
32    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
33    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
34    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
35    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
36    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
37    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
38    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
39    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
40    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
Keterangan
4    = sangat baik        2    = kurang baik
3    = baik            1    = tidak baik

LP 5 : AFEKTIF (KECAKAPAN SOSIAL)
No    Karakter    Skor Total
    Inisiatif    Berbahasa Santun dan Komunikatif    Partisipasi   
1    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
2    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
3    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
4    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
5    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
6    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
7    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
8    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
9    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
10    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
11    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
12    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
13    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
14    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
15    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
16    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
17    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
18    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
19    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
20    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
21    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
22    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
23    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
24    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
25    1 2 3 4    1 2 3 4    1 2 3 4   
…               

Keterangan
4    = sangat baik        2    = kurang baik
3    = baik            1    = tidak baik


Kendari,13 Desember 2011
Mengetahui,                                         
Guru Pamong                                    Mahasiswa KKP-PPL

Nur Niati, S.Pd                                    Eka Cahyowati
                         Menyetujui,
                    Kepala Sekolah

Drs. H. NP. Dahlan

    Media Pembelajaran














   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar