SILABUS
Nama Sekolah : SMA Kartika VII-2 Kendari
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
1.1 Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah yang didengar
Sambutan atau khotbah
• pokok-pokok isi sambutan
• ringkasan sambutan/ khotbah
• Mendengarkan sambutan atau khotbah
• Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
• Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
• Menanggapi ringkasan isi sambutan atau khotbah
Kognitif
a. proses
• Menemukan pokok-pokok isi sambutan atau khutbah yang didengarkan
• Menemukan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
b. Produk
• Menentukan pokok-pokok isi sambutan atau khutbah yang didengarkan
• Menentukan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
Psikomotor
Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah Proses :
dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam menggarap tugas
Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat 2x40 Materi Essensial MGMP sekolah
Tes khotbah
1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara
Wawancara melalui radio atau televisi
• isi pokok wawancara
• cara merangkum hasil wawancara
• Mendengarkan wawancara melalui radio/ televisi *
• Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
• Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
• Menanggapi (secara lisan) isi rangkuman wawancara
Kognitif
a. proses
• Menemukan unsur 5W+1H
• Menemukan pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara
b. Produk
• Menentukan unsur 5W+1H
• Menentukan pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara
• Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
Psikomotor
Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
Proses :
dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam menggarap tugas
Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat
2x40
Materi Essensial MGMP sekolah
wawancara di radio/ televisi
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Kartika VII-2 Kendari
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara
Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
2.1 Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)
Artikel/ buku
• pokok-pokok isi artikel/ buku
• hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku
• Membaca artikel/ buku
• Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca
• Menyampaikan (secara lisan) isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
• Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan
Kognitif
a. proses
• Menemukan pokok-pokok isi artikel yang diperoleh dari hasil membaca
b. Produk
• Menentukan pokok-pokok isi artikel yang diperoleh dari hasil membaca
• Menyampaikan isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Psikomotor
• Mengemukakan hal-hal yang menarik dalam artikel/buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan Proses :
dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam menggarap tugas
Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
• praktik
• tugas individu
• tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• format pengamatan
2x40
buku/ artikel dari media cetak/ elektronik
2.2 Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu
Dialog yang berupa tanya jawab
• daftar pertanyaan
• rangkuman hasil wawancara
• Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu *
• Membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat yang efektif
• Menyampaikan rangkuman hasil wawancara
• Mendiskusikan rangkuman hasil wawancara
Kognitif
a. proses
• Menemukan pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu
b. Produk
• Menentukan pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara
• Membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat efektif
Psikomotor
Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
Proses :
dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam menggarap tugas
Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• praktik
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• unjuk kerja
• format pengamatan
2x40
Materi Essensial MGMP sekolah
tape/ kaset, daftar pertanyaan
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Kartika VII-2 Kendari
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
3.1 Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif
Paragraf yang berpola deduktif dan induktif
• kalimat utama
• kalimat penjelas
• kalimat kesimpulan
• ciri paragraf deduktif/ induktif
• perbedaan deduktif dengan induktif
• Membaca paragraf berpola deduktif dan induktif
• Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
• Menjelaskan perbedaan antara paragraf deduktif dengan induktif
• Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif
Kognitif
a. proses
• Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
• Menemukan kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
• Menemukan paragraf induktif dan deduktif
b. Produk
• Menentukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
• Menentukan kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
• Menentukan paragraf induktif dan deduktif
Psikomotor
Menjelaskan perbedaan paragraf deduktif dan induktif
Proses :
dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam menggarap tugas
Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat
2x40
buku yang terkait dengan paragraf
artikel
3.2Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik
Naskah berita
• ciri-ciri naskah berita
• lafal
• tekanan
• intonasi
• jeda
• rangkuman isi berita
• kalimat tunggal
• pola kalimat • Membacakan naskah berita dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan ucapan, tatapan mata, dan sikap membaca yang benar
• Mendiskusikan pembacaan berita yang dilakukan teman
• Mengidentifikasi kalimat tunggal Kognitif
a. proses
• Mengidentifikasi kalimat tunggal
b. Produk
• Menentukan kalimat tunggal
Psikomotor
• Membacakan naskah berita dengan memerhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan ucapan, tatapan mata, dan sikap membaca yang benar
Proses :
dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam menggarap tugas
Produk :
dilakukan berdasark an analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
• tugas individu
Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• format pengamatan 2x40
berita dari media cetak/ elektronik
buku tata bahasa
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Kartika VII-2 Kendari
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
4.1 Menulis proposal untuk berbagai keperluan
Contoh proposal
• unsur-unsur proposal
• Membaca contoh proposal
• Mengidentifikasi komponen atau unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah proposal
• Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat kalimat tunggal
• Membahas proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan
Kognitif
a. proses
• Menemukan unsur-unsur proposal pada contoh proposal
• Membahas proposal dalam kelompok kecil
b. Produk
• Mengidentifikasi komponen atau unsur-unsur yang terdapat dalam proposal
• Menunjukan jenis-jenis proposal
• Menjelaskan tentang perlunya tujuan menulis proposal
Psikomotor
Menulis proposal untuk berbagai keperluan
Proses :
dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam menggarap tugas
Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas individu
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawabansingkat
4x40 Materi Essensial MGMP sekolah
buku yang terkait dengan proposal
4.2 Menulis surat dagang dan surat kuasa
Beberapa contoh surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
• ciri-ciri surat dagang dan surat kuasa
• unsur-unsur surat dagang dan surat kuasa
• Mendaftar jenis surat Niaga
• Membaca surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
• Menulis surat perjanjian
jual – beli dan surat kuasa sesuai dengan keperluan
• Mendiskusikan surat perjanjian jual-beli dan surat kuasa yang telah dibuat
• Memperbaiki surat perjanjian jual – beli dan surat kuasa tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD Kognitif
a. proses
Menemukan jenis surat niaga
b. Produk
• Mendaftar jenis surat niaga
• Menulis surat perjanjian
jual – beli dan surat kuasa sesuai dengan keperluan
Psikomotor
• Menjelaskan isi surat jual-beli dan surat kuasa
• Memperbaiki surat perjanjian jual beli dan surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD
Proses :
dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam menggarap tugas
Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat
2x40 buku yang terkait dengan surat-menyurat
buku EyD
4.3 Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki Contoh karya tulis dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
• unsur-unsur karya tulis
• daftar pustaka
• catatan kaki • Membaca contoh karya tulis yang dilengkapi dengan daftar pustaka dan catatan kaki *
• Menulis karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
• Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD
Kognitif
a. proses
• Menemukan topik atau gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
• Menyusun kerangka karya tulis
b. Produk
• Menentukan topik atau gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
• Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
Psikomotor
• Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD
Proses :
dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam menggarap tugas
Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• ulangan
• tugas individu
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat 2x40 Materi Essensial MGMP sekolah
buku yang terkait dengan karya ilmiah
buku EyD
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Kartika VII-2 Kendari
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5. Memahami pementasan drama
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
5.1 Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama Rekaman drama
• peristiwa
• penokohan
• konflik
• pesan
• amanat
• isi drama
• Mendengarkan rekaman drama
• Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik drama
• Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
• Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari. Kognitif
a. proses
• Menemukan tokoh, peran, dan wataknya
• Menemukan tema dengan alasan
• Menemukan konflik dan pesan dengan menunjukkan data yang mendukung
b. Produk
• Menentukan tokoh, peran, dan wataknya
• Menentukan tema dengan alasan
• Menentukan konflik dan pesan dengan menunjukkan data yang mendukung
Psikomotor
• Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
• Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari
Proses :
dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam menggarap tugas
Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas individu
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat
2x40
Materi Essensial MGMP sekolah
rekaman drama
5.2 Menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan Pementasan drama
• gerak (action)
• mimik/ pantomimik
• blocking
• tata panggung
• tata busana
• tata bunyi
• tata lampu • Menonton pementasan drama
• Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas))
• Menganalisis tata busana, tata panggung, tata bunyi, tata lampu Kognitif
a. Proses
• Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas))
b. Produk
• Menjelaskan tata busana yang dipakai para tokoh cerita
• Menjelaskan tata panggung yang menggambarkan peristiwa (tempat, waktu, suasana)
Psikomotor
• Menjelaskan tata bunyi (efek dan musik)
• Menjelaskan tata lampu Proses :
dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam menggarap tugas
Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas individu
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat 2x40
pementasan drama
rekaman video
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Kartika VII-2 Kendari
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : Berbicara
6. Memerankan tokoh dalam pementasan drama
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
6.1Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh
Naskah drama
• gerak (action)
• mimik/ pantomimik
• blocking
• tata panggung
• tata busana
• tata bunyi
• tata lampu • Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
• Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh
• Mendiskusikan penyampaian dialog teman
Kognitif
a. Proses
• Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
b. Produk
• Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
• Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh
Psikomotor
• Mendiskusikan penyampaian dialog teman
Proses :
dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam menggarap tugas
Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• format pengamatan
4x40
buku drama
6.2Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protaganis dan atau antagonis Naskah drama
• penghayatan watak tokoh
• tokoh protagonis
• tokoh antagonis • Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
• Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
• Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protagonis, antagonis, atau tritagonis*
• Mendiskusikan pengekspresian perilaku dan dialog yang disampaikan teman
Kognitif
a. Proses
• Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
b. Produk
• Menghayati watak tokoh yang akan diperankan
• Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis, antagonis, atau tirtagonis
Psikomotor
• Mendiskusikan pengekspresian perilaku dan dialog yang disampaikan teman
Proses :
dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam menggarap tugas
Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
• tugas individu
• tugas kelompok
Bentuk Instrumen:
• unjuk kerja
• format pengamatan
4x40
buku drama
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Kartika VII-2 Kendari
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : Membaca
7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
7.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat
Teks hikayat
• ciri-ciri hikayat
• unsur-unsur intrinsic ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)
• Membaca teks hikayat
• Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
• Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
• Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri
Kognitif
a. proses
• Menemukan unsur-unsur instrinsik dalam hikayat.
• Menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam hikayat kemudian hubungkan dengan nilai-nilai masa kini
b. Produk
• Menentukan unsur-unsur instrinsik dalam hikayat.
• Menentukan nilai-nilai yang terkandung dalam hikayat kemudian hubungkan dengan nilai-nilai masa kini
Psikomotor
• Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri
Proses :
dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam menggarap tugas
Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis tagihan :
• Tugas kelompok
• Tugas individu
Bentuk tagihan :
• Uraian bebas
• Pilihan ganda
• Jawaban singkat
2x40
Materi Essensial MGMP sekolah
Teks hikayat
7.2Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan Novel Indonesia dan novel terjemahan
• unsur-unsur intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)
• unsur ektrinsik dalam novel terjemahan(nilai budaya, sosial, moral, dll)
• Membaca novel Indonesia dan novel terjemahan
• Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia dan terjemahan
• Membandingkan unsur ekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia
Kognitif
a. proses
• Menemukan unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia
b. Produk
• Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik ( alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonesia
Psikomotor
• Membandingkan unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia
Proses :
dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam menggarap tugas
Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat
2x40
novel Indonesia
novel terjemah-
an
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Kartika VII-2 Kendari
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : Menulis
8. Mengungkapkan infomasi melalui penulisan resensi
Kompetensi
Dasar Materi
Pembelajaran Kegiatan
Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber/
Bahan/ Alat
8.1 Mengungkapkan
prinsip-prinsip penulisan resensi
Resensi novel sastra atau novel populer dengan memperhatikan unsur-unsur resensi
• prinsip-prinsip penulisan resensi:
- identitas buku
- kepengarangan
- keunggulan buku
- kelemahan buku
- kesimpulan • Membaca resensi
• Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi:
- identitas buku
- kepengarangan
- keunggulan buku
- kelemahan buku
- ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
- kesimpulan Kognitif
a. proses
• Menemukan prinsip-prinsip penulisan resensi:
- identitas buku
- kepengarangan
- keunggulan buku
- kelemahan buku
- ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
- kesimpulan
b. Produk
• Menentukan prinsip-prinsip penulisan resensi:
- identitas buku
- kepengarangan
- keunggulan buku
- kelemahan buku
- ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
- kesimpulan
Psikomotor
• Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi:
- identitas buku
- kepengarangan
- keunggulan buku
- kelemahan buku
- ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
- kesimpulan
Proses :
dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam menggarap tugas
Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat
2x40
buku yang terkait dengan resensi
media cetak/ elektronik
8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi
Unsur-unsur resensi
- identitas buku
- kepengarangan
- keunggulan buku
- kelemahan buku
- ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan enggunaan EYD
• Menulis resensi novel dengan memperhatikan
- identitas buku
- kepengarangan
- keunggulan buku
- kelemahan buku
- ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
Kognitif
a. proses
• Memahami resensi novel dengan memperhatikan
- identitas buku
- kepengarangan
- keunggulan buku
- kelemahan buku
- ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
b. Produk
• Menulis resensi novel dengan memperhatikan
- identitas buku
- kepengarangan
- keunggulan buku
- kelemahan buku
- ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
Psikomotor
• Mengungkapkan resensi novel dengan memperhatikan
- identitas buku
- kepengarangan
- keunggulan buku
- kelemahan buku
- ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
Proses :
dilakukan berdasarkan pengamatan terhadap aktivitas peserta (siswa) dalam menggarap tugas
Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
• tugas kelompok
• tugas kelompok
• ulangan
Bentuk Instrumen:
• uraian bebas
• pilihan ganda
• jawaban singkat
2x40
buku yang terkait dengan resensi
media cetak/ elektronik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar