Jumat, 01 Juni 2012

silabus bahasa indinesia kelas XI

SILABUS

Nama Sekolah        : SMA Kartika VII-2 Kendari
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XI
Semester        : 1
Standar Kompetensi    : Mendengarkan
                                         1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara

Kompetensi
Dasar
    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
1.1 Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang didengar

Sambutan atau khotbah
•    pokok-pokok isi sambutan
•    ringkasan sambutan/ khotbah


















    •    Mendengarkan sambutan atau khotbah
•    Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
•    Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
•    Menanggapi ringkasan isi sambutan atau khotbah















    Kognitif
a.    proses
•    Menemukan pokok-pokok isi sambutan atau khutbah yang didengarkan
•    Menemukan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
b.    Produk
•    Menentukan pokok-pokok isi sambutan atau khutbah yang didengarkan
•    Menentukan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
Psikomotor
 Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah     Proses :
dilakukan berdasarkan   pengamatan terhadap aktivitas peserta  (siswa) dalam menggarap tugas

Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas

Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    ulangan

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat    2x40     Materi Essensial MGMP sekolah
Tes khotbah

1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara      
Wawancara melalui radio atau televisi
•    isi pokok wawancara
•    cara merangkum hasil wawancara
   
•    Mendengarkan wawancara melalui radio/ televisi *
•    Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
•    Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
•    Menanggapi (secara lisan) isi rangkuman wawancara
   
Kognitif
a.    proses
•    Menemukan unsur 5W+1H
•    Menemukan pokok-pokok pembicaraan dalam  wawancara
b.    Produk
•    Menentukan unsur 5W+1H
•    Menentukan pokok-pokok pembicaraan dalam  wawancara
•    Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
Psikomotor
 Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain   
Proses :
dilakukan berdasarkan   pengamatan terhadap aktivitas peserta  (siswa) dalam menggarap tugas

Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas

Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    ulangan

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat



















   
2x40   
Materi Essensial MGMP sekolah
wawancara di radio/ televisi


SILABUS

Nama Sekolah        : SMA  Kartika VII-2 Kendari
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XI
Semester        :  1
Standar Kompetensi    : Berbicara
2.    Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan  wawancara

Kompetensi
Dasar
    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
2.1    Menjelaskan secara lisan uraian   topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)   


Artikel/ buku
•    pokok-pokok isi artikel/ buku
•    hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku
    •    Membaca artikel/ buku
•    Mendata pokok-pokok isi artikel/ buku yang diperoleh dari hasil membaca
•    Menyampaikan (secara lisan) isi artikel  dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
•    Mengemukan hal-hal yang menarik dalam artikel/ buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan
    Kognitif
a.    proses
•    Menemukan pokok-pokok isi artikel yang diperoleh dari hasil membaca
b.    Produk
•    Menentukan pokok-pokok isi artikel yang diperoleh dari hasil membaca
•    Menyampaikan isi artikel dengan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Psikomotor
•    Mengemukakan hal-hal yang menarik dalam artikel/buku yang telah dibacanya dengan memberikan alasan    Proses :
dilakukan berdasarkan   pengamatan terhadap aktivitas peserta  (siswa) dalam menggarap tugas

Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas

Jenis Tagihan:
•    praktik
•    tugas individu
•    tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
•    unjuk kerja
•    format pengamatan







    2x40
    buku/ artikel dari media cetak/ elektronik

2.2     Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu     
Dialog yang berupa tanya jawab
•    daftar pertanyaan
•    rangkuman hasil wawancara   
•    Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu *
•    Membuat rangkuman  hasil wawancara  dengan kalimat yang efektif
•    Menyampaikan rangkuman hasil wawancara
•    Mendiskusikan rangkuman hasil wawancara
   
Kognitif
a.    proses
•    Menemukan pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu
b.    Produk
•    Menentukan pokok-pokok pembicaraan dalam  wawancara
•    Membuat rangkuman hasil wawancara dengan kalimat efektif
Psikomotor
 Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain   
Proses :
dilakukan berdasarkan   pengamatan terhadap aktivitas peserta  (siswa) dalam menggarap tugas
Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
•    tugas kelompok
•    praktik
Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    unjuk kerja
•    format pengamatan   
2x40
   
Materi Essensial MGMP sekolah
tape/ kaset, daftar pertanyaan


SILABUS

Nama Sekolah        : SMA Kartika VII-2 Kendari
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XI
Semester        :  1
Standar Kompetensi    : Membaca
3.    Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring
Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
3.1    Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif
    Paragraf  yang berpola deduktif dan induktif
•    kalimat utama
•    kalimat penjelas
•    kalimat kesimpulan
•    ciri paragraf deduktif/ induktif
•    perbedaan deduktif dengan induktif
    •    Membaca paragraf berpola deduktif dan induktif
•    Mengidentifikasi ciri paragraf induktif dan deduktif
•    Menjelaskan perbedaan antara  paragraf deduktif dengan induktif
•    Mengidentifikasi frasa nominal dalam paragraf induktif dan deduktif
    Kognitif
a.    proses
•    Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
•    Menemukan kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
•    Menemukan paragraf induktif dan deduktif
b.    Produk
•    Menentukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
•    Menentukan kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
•    Menentukan paragraf induktif dan deduktif
Psikomotor
 Menjelaskan perbedaan paragraf deduktif dan induktif
    Proses :
dilakukan berdasarkan   pengamatan terhadap aktivitas peserta  (siswa) dalam menggarap tugas

Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    tugas kelompok
•    ulangan

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat










    2x40
    buku yang terkait dengan paragraf
artikel
3.2Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik


    Naskah berita
•    ciri-ciri naskah berita
•    lafal
•    tekanan
•    intonasi
•    jeda
•    rangkuman isi berita
•    kalimat tunggal
•    pola kalimat    •    Membacakan naskah berita dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan ucapan, tatapan mata, dan sikap membaca  yang benar
•    Mendiskusikan pembacaan berita yang dilakukan teman
•    Mengidentifikasi kalimat tunggal    Kognitif
a.    proses
•    Mengidentifikasi kalimat tunggal
b.    Produk
•    Menentukan kalimat tunggal
Psikomotor
•    Membacakan naskah berita dengan memerhatikan penggunaan lafal, intonasi, kejelasan ucapan, tatapan mata, dan sikap membaca  yang benar










    Proses :
dilakukan berdasarkan   pengamatan terhadap aktivitas peserta  (siswa) dalam menggarap tugas

Produk :
dilakukan berdasark an analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
•    tugas individu

Bentuk Instrumen:
•    unjuk kerja
•    format pengamatan    2x40
    berita dari media cetak/ elektronik
buku tata bahasa


SILABUS

Nama Sekolah        : SMA Kartika VII-2 Kendari
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XI
Semester        :  1
Standar Kompetensi    : Menulis
4.    Mengungkapkan informasi dalam bentuk  proposal, surat dagang, karangan ilmiah

Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
4.1    Menulis proposal  untuk  berbagai keperluan  

Contoh proposal
•    unsur-unsur proposal
    •    Membaca contoh proposal
•    Mengidentifikasi  komponen atau unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah proposal
•    Menulis proposal sesuai dengan keperluan dengan menerapkan kalimat kalimat tunggal
•    Membahas proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan
     Kognitif
a.    proses
•    Menemukan unsur-unsur proposal pada contoh proposal
•    Membahas proposal dalam kelompok kecil
b.    Produk
•    Mengidentifikasi komponen atau unsur-unsur yang terdapat dalam proposal
•    Menunjukan  jenis-jenis proposal
•    Menjelaskan tentang perlunya tujuan menulis proposal
Psikomotor
 Menulis proposal untuk berbagai keperluan
    Proses :
dilakukan berdasarkan   pengamatan terhadap aktivitas peserta  (siswa) dalam menggarap tugas

Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
•    tugas kelompok
•    tugas individu
•    ulangan

 Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawabansingkat








    4x40    Materi Essensial MGMP sekolah
buku yang terkait dengan proposal
4.2    Menulis surat dagang dan surat kuasa
    Beberapa contoh surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
•    ciri-ciri surat dagang dan surat kuasa
•    unsur-unsur surat dagang dan surat kuasa

    •    Mendaftar jenis surat  Niaga
•    Membaca surat perjanjian jual beli dan surat kuasa
•     Menulis surat perjanjian 
      jual –  beli dan surat kuasa sesuai dengan  keperluan
•    Mendiskusikan surat perjanjian jual-beli dan surat kuasa yang telah dibuat
•    Memperbaiki  surat perjanjian jual – beli  dan surat kuasa tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD    Kognitif
a.    proses
Menemukan jenis surat niaga
b.    Produk
•    Mendaftar jenis surat niaga  
•    Menulis surat perjanjian 
   jual – beli dan surat  kuasa       sesuai dengan keperluan
Psikomotor
•     Menjelaskan isi surat  jual-beli dan surat kuasa
•    Memperbaiki  surat perjanjian jual beli dan surat kuasa hasil tulisan teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD

     Proses :
dilakukan berdasarkan   pengamatan terhadap aktivitas peserta  (siswa) dalam menggarap tugas

Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas

Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    tugas kelompok
•    ulangan

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat














    2x40    buku yang terkait dengan surat-menyurat

buku EyD
4.3    Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki    Contoh karya tulis dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
•    unsur-unsur karya tulis
•    daftar pustaka
•    catatan kaki    •    Membaca contoh karya tulis yang dilengkapi dengan daftar pustaka dan catatan kaki *
•    Menulis karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
•    Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya  sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD
    Kognitif
a.    proses
•    Menemukan topik atau gagasan  yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
•    Menyusun kerangka karya tulis
b.    Produk
•      Menentukan topik atau gagasan  yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
•    Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki
Psikomotor
•     Menyunting karya tulis yang dilengkapi daftar pustaka dan catatan kaki karya  sendiri atau karya teman berdasarkan struktur kalimat dan EyD
    Proses :
dilakukan berdasarkan   pengamatan terhadap aktivitas peserta  (siswa) dalam menggarap tugas

Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
•    tugas kelompok
•    ulangan
•    tugas individu

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat    2x40    Materi Essensial MGMP sekolah
buku yang terkait dengan karya ilmiah

buku EyD


SILABUS

Nama Sekolah        : SMA Kartika VII-2 Kendari
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XI
Semester        :  1
Standar Kompetensi    : Mendengarkan
5.    Memahami pementasan drama 

Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
5.1    Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada  pementasan drama    Rekaman drama
•    peristiwa
•    penokohan
•    konflik
•    pesan
•    amanat
•    isi drama
    •    Mendengarkan rekaman drama
•    Mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik drama
•    Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
•    Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari.     Kognitif
a.    proses
•    Menemukan tokoh, peran, dan wataknya
•        Menemukan tema dengan alasan
•        Menemukan konflik dan pesan dengan menunjukkan data yang mendukung
b.    Produk
•      Menentukan tokoh, peran, dan wataknya
•      Menentukan tema dengan alasan
•      Menentukan konflik dan pesan dengan menunjukkan data yang mendukung
Psikomotor
•    Merangkum isi drama berdasarkan dialog yang didengar
•    Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari
    Proses :
dilakukan berdasarkan   pengamatan terhadap aktivitas peserta  (siswa) dalam menggarap tugas

Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
•    tugas kelompok
•    tugas individu
•    ulangan

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat








    2x40
    Materi Essensial MGMP sekolah
rekaman drama
5.2    Menganalisis  pementasan drama berdasarkan  teknik pementasan    Pementasan drama
•    gerak (action)
•    mimik/ pantomimik
•    blocking
•    tata panggung
•    tata busana
•    tata bunyi
•    tata lampu    •    Menonton pementasan drama
•    Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas))
•    Menganalisis tata busana, tata panggung, tata bunyi, tata lampu     Kognitif
a.    Proses
•    Mengidentifikasi pementasan drama berdasarkan gerak atau action para tokoh ( mimik, pantomimik (gerak anggota tubuh yang lain), blocking (posisi aktor di atas pentas))
b.    Produk
•    Menjelaskan tata busana yang dipakai para tokoh cerita
•    Menjelaskan tata panggung yang menggambarkan peristiwa (tempat, waktu, suasana)
Psikomotor
•    Menjelaskan tata bunyi (efek dan musik)
•    Menjelaskan tata lampu     Proses :
dilakukan berdasarkan   pengamatan terhadap aktivitas peserta  (siswa) dalam menggarap tugas

Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas

Jenis Tagihan:
•    tugas kelompok
•    tugas individu
•    ulangan

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat    2x40
    pementasan drama
rekaman video

SILABUS

Nama Sekolah        : SMA Kartika VII-2 Kendari
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XI
Semester        :  1
Standar Kompetensi    : Berbicara
6.    Memerankan tokoh dalam pementasan drama

Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
6.1Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh


Naskah drama
•    gerak (action)
•    mimik/ pantomimik
•    blocking
•    tata panggung
•    tata busana
•    tata bunyi
•    tata lampu    •    Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
•    Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh
•    Mendiskusikan penyampaian dialog teman
    Kognitif
a.    Proses
•    Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
b.    Produk
•    Menghayati watak tokoh yang akan diperankan 
•    Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh
Psikomotor
•    Mendiskusikan penyampaian dialog teman

    Proses :
dilakukan berdasarkan   pengamatan terhadap aktivitas peserta  (siswa) dalam menggarap tugas

Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
•    unjuk kerja
•     format pengamatan












    4x40
    buku drama
6.2Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protaganis dan atau antagonis    Naskah drama
•    penghayatan watak tokoh
•    tokoh protagonis
•    tokoh antagonis    •    Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
•    Menghayati watak tokoh yang akan diperankan 
•    Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protagonis, antagonis, atau tritagonis*
•    Mendiskusikan pengekspresian  perilaku dan dialog yang disampaikan teman
    Kognitif
a.    Proses
•    Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
b.    Produk
•    Menghayati watak tokoh yang akan diperankan 
•    Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis,  antagonis, atau  tirtagonis 
Psikomotor
•    Mendiskusikan pengekspresian  perilaku dan dialog yang disampaikan teman
    Proses :
dilakukan berdasarkan   pengamatan terhadap aktivitas peserta  (siswa) dalam menggarap tugas

Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
•    tugas individu
•    tugas kelompok

Bentuk Instrumen:
•    unjuk kerja
•    format pengamatan








    4x40
    buku drama


SILABUS

Nama Sekolah        : SMA Kartika VII-2 Kendari
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XI
Semester        :  1
Standar Kompetensi    : Membaca
                                         7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan
Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
7.1    Menemukan unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat
    Teks hikayat
•    ciri-ciri hikayat
•    unsur-unsur intrinsic ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)
    •    Membaca teks hikayat
•    Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
•    Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
•    Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri
    Kognitif
a.    proses
•    Menemukan unsur-unsur  instrinsik dalam hikayat.
•    Menemukan nilai-nilai yang terkandung dalam hikayat kemudian hubungkan dengan nilai-nilai masa kini
b.    Produk
•    Menentukan unsur-unsur  instrinsik dalam hikayat.
•    Menentukan nilai-nilai yang terkandung dalam hikayat kemudian hubungkan dengan nilai-nilai masa kini
Psikomotor
•    Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri

    Proses :
dilakukan berdasarkan   pengamatan terhadap aktivitas peserta  (siswa) dalam menggarap tugas

Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas

Jenis tagihan :
•    Tugas kelompok
•    Tugas individu

Bentuk tagihan :
•    Uraian bebas
•    Pilihan ganda
•    Jawaban singkat










    2x40
    Materi Essensial MGMP sekolah
Teks hikayat
7.2Menganalisis unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan    Novel Indonesia dan novel terjemahan
•    unsur-unsur intrinsik  ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)
•    unsur ektrinsik  dalam novel terjemahan(nilai budaya, sosial, moral, dll)
    •    Membaca novel Indonesia dan novel terjemahan
•    Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik  ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia dan terjemahan
•    Membandingkan unsur ekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia
    Kognitif
a.    proses
•    Menemukan unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik        ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonsia
b.    Produk
•     Menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik        ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel Indonesia
Psikomotor
•    Membandingkan unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik novel terjemahan dengan novel Indonesia

     Proses :
dilakukan berdasarkan   pengamatan terhadap aktivitas peserta  (siswa) dalam menggarap tugas

Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
•    tugas kelompok
•    tugas kelompok
•    ulangan

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat   
2x40
    novel Indonesia
novel terjemah-
an


SILABUS

Nama Sekolah        : SMA Kartika VII-2 Kendari
Mata Pelajaran        : Bahasa Indonesia
Kelas            : XI
Semester        :  1
Standar Kompetensi    : Menulis
                                8. Mengungkapkan infomasi   melalui  penulisan  resensi   

Kompetensi
Dasar    Materi
Pembelajaran    Kegiatan
Pembelajaran    Indikator    Penilaian    Alokasi
Waktu    Sumber/
Bahan/ Alat
8.1 Mengungkapkan
prinsip-prinsip penulisan  resensi 

Resensi novel sastra atau novel populer dengan memperhatikan unsur-unsur resensi
•    prinsip-prinsip penulisan  resensi:
-    identitas buku
-    kepengarangan
-    keunggulan buku
-    kelemahan buku
-    kesimpulan    •    Membaca resensi
•    Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi:
-    identitas buku
-    kepengarangan
-    keunggulan buku
-    kelemahan buku
-    ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
-    kesimpulan     Kognitif
a.    proses
•    Menemukan prinsip-prinsip penulisan  resensi:
-    identitas buku
-    kepengarangan
-    keunggulan buku
-    kelemahan buku
-    ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
-    kesimpulan
b.    Produk
•    Menentukan prinsip-prinsip penulisan  resensi:
-    identitas buku
-    kepengarangan
-    keunggulan buku
-    kelemahan buku
-    ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
-    kesimpulan






Psikomotor
•    Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan  resensi:
-    identitas buku
-    kepengarangan
-    keunggulan buku
-    kelemahan buku
-    ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
-    kesimpulan


























Proses :
dilakukan berdasarkan   pengamatan terhadap aktivitas peserta  (siswa) dalam menggarap tugas

Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
•    tugas kelompok
•    tugas kelompok
•    ulangan

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat









    2x40
    buku yang terkait dengan resensi

media cetak/ elektronik

8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi     
Unsur-unsur resensi
-    identitas buku
-    kepengarangan
-    keunggulan buku
-    kelemahan buku
-    ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan  enggunaan EYD   
•    Menulis resensi novel dengan memperhatikan
-    identitas buku
-    kepengarangan
-    keunggulan buku
-    kelemahan buku
-    ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
   
Kognitif
a.    proses
•    Memahami resensi novel dengan memperhatikan
-    identitas buku
-    kepengarangan
-    keunggulan buku
-    kelemahan buku
-    ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
b.    Produk
•    Menulis resensi novel dengan memperhatikan
-    identitas buku
-    kepengarangan
-    keunggulan buku
-    kelemahan buku
-    ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
Psikomotor
•    Mengungkapkan resensi novel dengan memperhatikan
-    identitas buku
-    kepengarangan
-    keunggulan buku
-    kelemahan buku
-    ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD
    
Proses :
dilakukan berdasarkan   pengamatan terhadap aktivitas peserta  (siswa) dalam menggarap tugas

Produk :
dilakukan berdasarkan analisis hasil pengerjaan tugas
Jenis Tagihan:
•    tugas kelompok
•    tugas kelompok
•    ulangan

Bentuk Instrumen:
•    uraian bebas
•    pilihan ganda
•    jawaban singkat   
2x40
   
buku yang terkait dengan resensi

media cetak/ elektronik



Tidak ada komentar:

Posting Komentar